Hanya Dengan Bahan Alami Ini, Telapak Tangan Halus Dalam Seketika

Sunday, August 6th, 2017 - Kecantikan
Advertisement

Hanya Dengan Bahan Alami Ini, Telapak Tangan Halus Dalam Seketika – Meskipun sering luput dari perhatian, namun kulit telapak tangan yang terasa kasar merupakan salah satu masalah serius bagi wanita yang sangat mengagungkan keindahan. Pasalnya lama kelamaan kulit telapak tangan akan terlihat keriput dan menua. Sebaiknya segera merawat telapak tangan dengan bahan-bahan alami seperti kopi, jeruk nipis dan daun binahong, serta kombinasi pisang, madu dan lidah buaya yang dipercaya dapat membantu membuang lapisan sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru yang lembab dan halus.

Bicara perawatan kecantikan, kaum hawa selalu fokus pada perawatan kulit wajah dan kerap mengabaikan perawatan kulit lainnya seperti telapak tangan. Padahal, area kulit telapak tangan yang kerap terpapar sinar matahari langsung termasuk bagian sensitif yang paling mudah bermasalah dengan kulit kasar. Karena kerap dianggap sebagai masalah ringan, maka banyak yang luput merawatnya. Jika sudah  begini kulit telapak tangan yang awalnya hanya terlihat kasar, perlahan-lahan akan terlihat berkeriput dan menua. Tak masalah jika kerutan ini muncul di area kulit telapak tangan yang tertutup, namun jika yang terjadi sebaliknya bisa dipastikan masalah ini akan meruntuhkan kepercayaan diri Anda ketika berjabat tangan dengan klien ataupun rekan bisnis. Karena mereka pasti berpikir bahwa Anda termasuk wanita yang tidak pandai merawat diri.

Tekanan pada Telapak Tangan. Seperti halnya kulit wajah yang akan terlihat kasar jika tidak dirawat dengan baik, kulit telapak tangan pun akan mengalami hal serupa jika tidak dirawat dengan baik. Bahkan tidak, menutup kemungkinan mereka yang masih berusia belasan pun akan bermasalah dengan kulit yang terlihat kasar jika tidak dirawat dengan baik.

Kulit telapak tangan yang terlihat kasar biasanya terjadi karena dua faktor, yaitu faktor yang berasal dari dalam (intrinsik) dan faktor yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik). Kasarnya kulit telapak tangan yang terjadi karena dipengaruhi oleh faktor dari dalam biasanya diturunkan secara genetik oleh orangtuanya.

Sementara kulit telapak tangan kasar yang disebabkan oleh faktor dari luar, biasanya dipengaruhi oleh pola makan yang salah, perawatan kulit yang tidak benar, pengaruh polutan, perubahan cuaca, stres, terkena paparan sinar matahari secara langsung, kurang istirahat, hingga kebiasaan merokok dan minum minuman keras. Tak hanya itu. menurut dr. Ade Fauzia S. Landojo. SpKK dokter spesialis kulit.

Tak hanya itu, menurut dr. Ade Fauzia S. Landojo, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, kulit telapak tangan yang terasa kasar biasanya timbul karena pengaruh pekerjaan yang dilakukan. Menurutnya, dengan melakukan suatu pekerjaan akan menyebabkan terjadinya tekanan di area kulit telapak tangan. Jika kondisi seperti ini terjadi secara terus-menerus, maka tekanan pada kulit telapak tangan ini akan menyebabkan terjadinya penebalan pada kulit telapak tangan.

Pada tahap lanjut, penebalan pada telapak tangan ini akan terus bertambah jika dirangsang dengan tekanan pekerjaan secara terus-menerus. Dengan kondisi seperti ini, kandungan air yang ada di dalam kulit pun semakin lama akan semakin berkurang sehingga akan memicu terjadinya masalah kulit pecah-pecah dan kering.

Ditambahkan oleh Wisnu Broto, pakar herbal dari Jakarta, selain faktor pemicu di atas, kulit telapak tangan yang teraba kasar juga bisa terjadi karena pemakaian detergen sabun cuci pakaian yang terlalu sering, pemakaian sabun cuci piring yang terlalu sering, ataupun karena pemilihan sabun mandi yang tidak sesuai dengan jenis di kulit telapak tangan.

Tidak Terlalu Asam atau Basa. Karena masalah kulit telapak tangan kasar ini bisa membuat kulit telapak tangan terlihat berkeriput dan menua, maka Anda disarankan untuk concern merawatnya. Biasanya menurut dr. Fauzia, salah satu solusi yang paling sering dilakukan oleh mereka yang bermasalah dengan kulit telapak tangan yang kasar adalah dengan rutin mengoleskan lotion. Tentu saja agar hasilnya lebih efektif, lotion yang digunakan haruslah cocok dengan jenis kulit. Pasalnya, ada juga lotion yang bisa memicu terjadinya alergi di area kulit telapak tangan. Jika sudah begini, bukannya mengatasi masalah kulit telapak tangan yang kasar, malah memicu terjadinya masalah baku.

Penggunaan lotion tentu saja tidak akan bisa maksimal mengatasi masalah kulit telapak tangan yang sudah terlanjur kasar. Nah, bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan tak ada salahnya beralih ke perawatan tradisional dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis, binahong, madu, pisang, lidah buaya, dan kopi. Kandungan antimikroba, asam askorbat, vitamin C, asam amino, glikosida, asam sitrun, lemak, antioksidan di dalamnya berkhasiat melembabkan kulit, menghaluskan, sekaligus mengangkat lapisan kulit mati di area kulit telapak tangan dan meregenerasinya dengan sel kulit baru yang lebih baik.

Walaupun berkhasiat mengembalikan kehalusan dan kelembaban kulit telapak tangan, namun bahan alami yang digunakan untuk membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar tersebut haruslah bahan alami yang tidak terlalu asam atau tidak terlalu basa. Karena bahan alami yang terlalu asam atau terlalu basa akan mempengaruhi kelembaban kulit sehingga efek kulit halus yang diharapkan tidak akan maksimal.

Batu Apung. Untuk memudahkan pengangkatan lapisan sel kulit mati di kulit telapak tangan, ada baiknya Anda merendam kulit telapak tangan tersebut dengan air hangat yang ditaburi dengan garam. Biarkan selama 20 menit, hingga area kulit tersebut terasa lembab.

Area kulit yang telah terasa lembab ini selanjutnya digosok dengan menggunakan batu apung khusus untuk membersihkan area kulit yang kasar dan kering. Dengan penggunaan batu apung tersebut, bagian ujung area kulit yang terdiri dari lapisan sel tanduk diharapkan akan terangkat dan berganti dengan sel kulit baru yang lebih lembut.

Setelah penggunaan batu apung, Anda juga dianjurkan menggunakan sikat khusus yang berfungsi mengangkat kotoran dan debu yang menempel di area kulit telapak tangan. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin, maka dalam 2-3 minggu area kulit telapak tangan yang kasar dan kering akan terlihat lebih lembab.

Bahan Alami. Setelah area kulit telapak tangan tersebut terasa lembab, barulah masuk ke penggunaan bahan alami seperti jeruk nipis, binahong, madu, pisang, lidah buaya, minyak zaitun, dan kopi. Bahan-bahan tersebut akan membuat kulit telapak tangan yang telah terlihat lembab Karena penggunaan air garam dan batu apung akan terlihat lebih halus. Pasalnya, di sini bahan alami tersebut berfungsi mengangkat lapisan sel kulit mati di atas kulit telapak tangan yang masih terlihat agak kasar.

Berikut panduan penggunaan bahan alami yang bisa membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar, yaitu:

Jeruk Nipis. Selain berkhasiat menghaluskan area kulit tumit kaki, jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar. Menurut Wisnu Broto, hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C, asam amino, glikosida, asam sitrun, dan juga lemak pada jeruk nipis memiliki kemampuan mengangkat lapisan sel kulit mati di area kulit telapak tangan. Untuk mengolah jeruk nipis ini Anda cukup mengambil satu buah jeruk nipis lalu diberikan dengan air yang mengalir. Jeruk nipis ini selanjutnya dibelah menjadi dua bagian. Sebelum mengoleskannya, kulit Telapak tangan terlebih dahulu dibersihkan dengan air bersih atau sabun yang mengandung pelembab. Setelah bersih, jeruk nipis yang telah dibelah tersebut langsung usapkan ke area kulit telapak tangan yang kasar. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan mengalir.

Daun Binahong.Seperti halnya jeruk nipis, daun binahong juga bisa digunakan untuk membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar. Karena kandungan antimikroba dan asam askorbat pada daun binahong mampu mengangkat lapisan sel kulit mati di kulit telapak tangan yang kasar. Sebagai media terapi menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar, daun binahong biasanya dimanfaatkan dengan mencuci bersih daunnya dengan air mengalir. Setelahnya, remas daun tersebut hingga mengeluarkan lendir. Lendir inilah yang kemudian diusapkan ke area kulit telapak tangan. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan mengalir.

Kopi. Butirannya yang sedikit kasar, membuat kopi bisa digunakan sebagai salah satu media terapi untuk membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar. Dengan butirannya yang kasar, kopi memiliki kemampuan untuk mengangkat lapisan sel kulit mati yang ada di telapak tangan. Alhasil kulit tangan pun akan terasa lebih lembut dan lembab secara alami. Pengolahannya cukup mudah, sebagai langkah awal sediakan ampas dari kopi hitam yang telah diminum. Sebelum ampas kopi tersebut dioleskan, bersihkan area telapak tangan dengan menggunakan sabun dengan kandungan pelembab. Setelah bersih, barulah ampas tersebut digunakan sebagai scrub kopi yang digosokkan ke area telapak tangan yang kasar. Selanjutnya, lakukan massage ringan di area kulit telapak tangan selama beberapa menit. Bilas dengan air seperti biasa kemudian keringkan dengan handuk. Menurut Amah, pakar kecantikan, hasil dari scrub ampas kopi ini sangat bergantung pada jenis kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk tipe kulit normal, maka biasanya dalam sekali perawatan saja sudah langsung terlihat hasilnya di mana kulit telapak tangan yang discrub akan terlihat lebih lembab dan lembut. Sebaliknya, jika kulit Anda termasuk tipe kulit yang kasar, maka hasil dari terapi scrub ampas kopi ini akan terlihat hasilnya setelah dua minggu perawatan.

Pisang, Lidah Buaya dan Madu. Pisang, lidah buaya dan madu pun ternyata bisa digunakan untuk membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar. Menurut Dina Mariana, pakar kecantikan, hal tersebut terjadi karena pisang sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk detoksifikasi, meremajakan kulit, sekaligus mengencangkannya. Sementara, kandungan zat dalam lidah buaya memiliki kemampuan menghaluskan kulit yang kasar. Madu sendiri berguna untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Pengolahannya cukup mudah, pertama-tama ambil pisang, lidah buaya dan madu. Pisang yang telah dibuka kulitnya kemudian dimasukkan ke dalam blender. Setelahnya, cuci bersih daun lidah buaya lalu ambil lendir (cairannya). Lendir dari lidah buaya ini lalu dimasukkan ke dalam blender yang telah berisi pisang. Tambahkan madu lalu blender hingga halus. Campuran dari pisang, lendir lidah buaya dan madu ini kemudian dioleskan ke area kulit telapak tangan yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air. Setiap Pagi dan Sore Hari. Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan perawatan dengan bahan alami ini dua kali sehari Setiap sehabis mandi pagi dan sehabis mandi sore. Menurut Wisnu Broto, biasanya dengan rutin melakukannya dua kali dalam sehari sehabis mandi pagi dan mandi sore, maka dalam seminggu akan terlihat hasilnya. Di mana kulit telapak tangan yang tadinya terasa kasar, kering, dan pecah-pecah, akan terasa sedikit lebih halus. Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan perawatan ini dalam jangka waktu 1-2 bulan.

Meskipun secara umum beragam bahan alami yang bisa membantu menghaluskan kulit telapak tangan ini tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kulit, namun untuk menghindari terjadinya alergi terhadap bahan alami tersebut, Anda dianjurkan untuk mengoleskan sedikit bahan alami tersebut ke area kulit telapak tangan yang kasar. Jika setelah pengoleskan bahan alami ini tidak timbul reaksi gatal, maka barulah bahan alami tersebut dioleskan secara merata di area kulit telapak tangan yang kasar. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka Anda dianjurkan untuk tidak melanjutkan terapinya.[cc]

Tags:

telapak tangan terasa halus
Advertisement
Hanya Dengan Bahan Alami Ini, Telapak Tangan Halus Dalam Seketika | admin | 4.5
Leave a Reply