Mengejutkan !!! Inilah Sejuta Khasiat Yang Telah Terungkap Dari BELIMBING WULUH

Wednesday, December 7th, 2016 - Manfaat
Advertisement

Manfaat Belimbing Wuluh – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Cara Cantik akan share artikel mengenai Manfaat Belimbing Wuluh. Banyak tanaman di Indonesia yang sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat, namun belum dibudidayakan secara khusus. Salah satu diantaranya adalah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi). Belimbing wuluh merupakan tumbuhan berjenis pepohonan yang hidup di ketinggian dari lima sampai 500 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini mudah sekali tumbuh dan berkembang biak melalui cangkok atau persemaian bijinya. Jika ditanam lewat biji, pada usia 3-4 tahun, ia sudah mulai berbuah, yang setahunnya bisa mencapai 1.500 buah perpohon. Buahnya lonjong, warna buahnya hijau muda bila masih muda, jika sudah matang berwarna kekuningan kusam, mengandung banyak air dan rasanya asam segar. Setiap musim belimbing, tanaman belimbing wuluh banyak menghasilkan buah, dikarenakan buahnya bergerombol. Bisa dimengerti, karena keasamannya ini kehadiran belimbing wuluh seakan terabaikan. Ia terhitung jarang ditanam apalagi sampai dikebunkan seperti belimbing manis. Sebab, kata kebanyakan penggemar tanaman buah, tanamannya saja tidak dapat diandalkan untuk ditanam di pekarangan sebagai sumber keteduhan. Padahal tanaman ini mudah ditanam dan diperbanyak. (Lin, 1994).

belimbing-wuluh

  • Nama Ilmiah Belimbing : Averhoa carambola L.
  • Ciri-Ciri Tanaman Belimbing :
  • Sosok : Pohon Kecil
  • Tinggi : Tinggi 5-12 m
  • Batang : Berbatang Keras
  • Daun : Daunnya bersirip ganjil dengan warna kekuningan sampai hijau muda
  • Bunga : Bunganya kecil dalam untaian yang berwarna putih kemerahan
  • Pengembangbiakan Belimbing :
  • Pengembangbiakan tanaman belimbing ini bisa dilakukan melalui biji atau cangkok.
  • Padahal secara tradisional tanama ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, diabetes, rematik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi sampai berdarah tekanan darah tinggi.

Bagian yang biasa digunakan adalah buah, batang, daun dan bunganya. Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat. Diantaranya adalah saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium. Salah satu yang paling dikenal orang belimbing wuluh sebagai obat sariawan. Konon rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi, caranya dengan mengunyah atau ditempelkan pada bagian yang sariawan.

Khasiat lain adalah sebagai obat asma atau sesak nafas. Cukup dengan merebus bunga belimbing wuluh dengan air dan gula batu. Lalu diminum sehari 2-3 kali sehari samapai asama dan alerginya sembuh. Belimbing wuluh juga mampu mengobati batuk kering, kandungan kaliumnya mampu melancarkan dahak dan menurunkan panas. Sering disebut dengan belimbing asam, atau belimbing buluh (besi) karena rasa buahnya yang asam. Bentuk tanaman memanjang ke atas bisa mencapai 12 meter.berdaun tersuun berpasangan, bentuk lonjong (bulat tlur) terletak di ujung cabang atau ranting.

Bentuk buah bulat lonjong berwarna hijau pekat pada waktu muda, dan berbuah kekuniongan setelah matang. Buah-buah seukuran telur puyuh ini muncul dan bergelantungan pada batang dan dahannya. Dagingnya banyak mengadung air dengan rasa sangat asam. Walaupun namanya belimbing seperti belimbing manis, dan jarang di konsumsi langsung sebagaii buah segar, namun belimbing jenis ini banyak berguna sebagai bumbu seperti manisan dan lain sebagainya.

Belimbing ini berbeda dengan belimbing asam jika belimbing asam sedikit cabang maka belimbing manis ini sebaliknya mmbpunyai dahan dan ranting yang tumpuh dengan rapat dan rimbun, tinggi semampai dapat mencapai ketinggia 12 meter. Daun majemuk, bunga bakal buah berbentuk kecil-kecil dan berwarna muda. Dan bunga sangat mudah rontok jika terkena gearan.

Buah belimbing manis berbentuk lonjong bersegi lima, jika dilihat dari bawah, bentuk penampang lintang buahnya mirip dengan bentuk bintang. Ukuran nya dapat mencapai ukuran gelas besar. Dan mempunyai rasa yang manis. Pada waktu muda buah berwarna hijau muda, dan akan berubah menjadi kuning sampai kemerahan jika telah tua. Secara umum tanaman ini banyak di sukai orang dari bentuk tanamannya karena dapat dijadikan tanaman pelindung atau peneduh dikarenakan bentuknya yang rimbun dan banyak ditanam diperkarangan rumah maupun kebun.

Dilihat dari penanaman belimbing ini tidaklah sulit. Dan bisa di tanam di mana saja. Jika penanaman dengan biji pada usia 3 – 4 tatahun sudah dapat berbuah, hasil tanaman bisa mencapai 1.500 buah pertahunnya. Selain buah segar belimbing jenis ini dapat dijadikan makanan olahan seperti dijadikan selai, sari buah, rujak dan lain sebagainya. Dan belimbing jenis ini pun diperkaya dengan vitamin C dan vitamin lainnya. Selain buah, daun dan batangnya juga bisa dijadikan campuran obat. Ini lantaran beberapa zat kimia yang terkandung pada tanaman seperti sponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asal format, dan peroksidase yang terkandung pada batang belimbing wuluh. Juga tanin, sulfur, asal sulfat, peroksidase, kalsium oksalat dan kalium sitrat pada daunnya. Sedangkan buah belimbing wuluh sendiri berkhasiat sebagai analgesik, dan diuretik.

Belimbing wuluh selain mudah ditemukan dan murah harganya juga dikenal sebagai salah satu bumbu sekaligus penyedap masakan. Hebatnya lagi, buah yang terkenal dengan rasanya yang asam ini juga memiliki manfaat sebagai obat alami, terutama untuk menurunkan penyakit tekanan darah tinggi.

Demikianlah artikel mengenai manfaat belimbing wuluh, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[cc]

Tags:

belimbing bersirip 4, Belimbing wuluh, blimbing bersirip 4, gambar belimbing wuluh, buah belimbing bersirip 4, macam mana bentuk belimbing besi, buah bersirip 4, gambar blimbing wuluh, kenapa buah belimbing kecil kecil, gambar belimbing wollo com
Advertisement
Mengejutkan !!! Inilah Sejuta Khasiat Yang Telah Terungkap Dari BELIMBING WULUH | admin | 4.5
Leave a Reply